Membangun HIMALKOM 356 Hari ke Depan

     Mahasiswa harus terlibat dalam pendidikan dan pengajaran. Mahasiswa harus mampu melakukan pengembangan atas ilmu-ilmu yang dia telaah. Mahasiswa harus mampu menerapkan serta memberikan pengabdian atas ilmu tersebut baik kepada sesama mahasiswa maupun kepada khalayak ramai di masyarakat. Tentunya tiga hal tersebut sudah tidak asing lagi kita,  yang saat ini sedang menempuh sebuah proses pengembangan dan pendewasaan diri, baik secara spiritual ataupun secara pemikiran. Kita bangga disebut sebagai MAHAsiswa, sebuah nama yang sesungguhnya memiliki sebuah pertanggungjawaban yang sangat besar di masyarakat. Sebagai seorang mahasiswa sudah sepatutnya kita memiliki dedikasi tinggi dalam mewujudkan tiga hal diatas, yang lebih umum dikenal sebagai TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI.  Namun, apakah kita sudah benar-benar menerapkan prinsip TRIDHARMA tersebut dalam keseharian kita sebagai mahasiswa?
     Masih banyak, mahasiswa-mahasiswa baru yang belum memiliki arah tujuan hidup yang jelas, bahkan dalam menentukan mau menjadi apa mereka setelah meraih gelar sakral sebagai seorang sarjana yang tentunya memiliki posisi yang (konon)  mendapat tempat spesial di masyarakat secara keseluruhan. Tidak perlu melakukan penelitian muluk-muluk, hal ini dapat dengan mudah kita lihat dengan menanyakan kepada mahasiswa baru, terutama mahasiswa baru departemen Ilmu Komputer di Institut Pertanian Bogor, selama menjalani kehidupan perkuliahan sebagai mahasiswa Ilmu Komputer, mau jadi apa mereka? Mau fokus ke mana mereka? Mau memberikan apa kepada angkatan, departemen, ataupun almamater? Kebutaan arah dan tujuan inilah yang menjadi fokus kami dalam mengarahkan HIMALKOM kedepannya.
    HIMALKOM menjadi sebuah wadah aspirasi, menampung mereka yang memiliki gagasan serta ide , sebuah tempat bernaungnya MAHAsiswa yang berkeinginan mengawal serta memandu sesama MAHAsiswa yang masih belum menemukan jatidiri mereka sebagai mahasiswa Ilmu Komputer. Tentunya fungsi ini akan menjadi lebih efektif dan tepat dalam pelaksanaannya apabila unsur-unsur utama dalam kepengurusan HIMALKOM mampu bersinergi satu sama lain dan mampu bekerja sama secara professional namun masih mengusung asas kekeluargaan dalam menjalani agenda-agenda HIMALKOM yang akan dilaksanakan. Kita dapat andaikan HIMALKOM sebagai sebuah kendaraan, yang siap mengantarkan penumpangnya yang dalam konteks ini adalah seluruh mahasiswa Ilmu Komputer ke tujuan yang dicita-citakan. Kendaraan tersebut akan bekerja dengan baik dan memuaskan apabila sistem komponen-komponen yang membentuk kendaraan tersebut memiliki kualitas yang baik pula. Namun memiliki kualitas baik tentu belum cukup, komponen tersebut harus mampu bekerja dan bersinergi baik dengan komponen-komponen lain yang merangkai kendaraan tersebut menjadi satu-kesatuan. Dengan begitulah tercipta sebuah kendaraan yang siap mengantarkan.
    Oleh karena itu, kami ingin menjadikan HIMALKOM sebagai himpunan yang mampu memaksimalkan sekaligus memberdayakan potensi dari mahasiswa Ilmu Komputer secara terarah. Untuk memenuhi tugas tersebut, kami sudah membuat beberapa cara. Pertama, Menguatkan internal pengurus HIMALKOM baik secara professional maupun secara kekeluargaan agar terciptanya HIMALKOM yang dapat mengokong hal tersebut. Kedua, kami ingin membuat talent dan passion mapping agar terlihat jelas apa saja yang harus dikejar setiap tahapannya. Ketiga, kami ingin mengarahkan, mengakselerasi sekaligus mengevaluasi talent dan passion mahasiswa Ilmu Komputer agar secara jelas dapat mengukur dan memperbaiki mahasiswa Ilmu Komputer kedepannya. Keempat, kami ingin membawa mahasiswa Ilmu Komputer menjadi mahasiswa yang mampu bersaing serta kompeten di dunia kerja, yang mana saat ini “Ilmu Komputer” sangat di butuhkan. Diharapkan dengan gagasan ini dapat membuat mahasiswa Ilmu Komputer menyadari mereka sebagi bagian dari mahasiswa Ilmu Komputer dan mampu menghadapinya.
Tentunya perjuangan kami tidak akan berhenti ketika 356 hari telah usai, hal ini adalah permulaan dari perjuangan kami, sebagai MAHAsiswa yang ingin mengabdi kepada angkatan, prodi, maupun almamater yang kami banggakan dan kami cintai.
Sukses selalu, Ilmu Komputer Institut Pertanian Bogor.
ILKOMERZ SIAP!
ILKOMERZ SEMANGAT!
ILKOMERZ DAHSYAT!

Bogor, 14 Oktober 2016

M Mukhibillah Asshidiqy & Fajar Maulana

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jangan Tertipu cinta Semu!

Change is Uncomfortable!

Maaf Yaa Nying-nying…